Bioteknologi

Posted: Agustus 6, 2012 in bioteknik
  • Bioteknologi konvensionalBioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi berbagai macam produk yang berguna bagi manusia. Contoh berbagai macam produ hasil bioteknologi konvensional, yaitu:
    1. Tempe
      Merupakan salah satu produk makanan tradisional indonesia,yang berasal dari kedelai dan  fermentasi nonalkohol.
      Langkah-langkah pembuatan:

      Bakteri yang digunakan dan cara reproduksinya:

    2. Tape
      Merupakan makanan yang mudah pembuatannya dan setiap orang bisa membuatnya. Berasal dari ketela pohon yang diproses dengan cara fermentasi menggunakan ragi.
      Cara Pembuatan Tape :Mikroorganisme yang terlibat:
    3. Yogurt
      Merupakan produk makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan . dibuat dari fermentasi susu sapi yang melewati beberapa proses untuk menjadi yogurt.
      Cara pembuatan yogurt:Mikroorganisme yang terlibat:
    4. Keju
      Merupakan makanan yang berasal dari susu sapi dengan menggunakan bantuan mikroorganisme.
      Cara pembuatan keju:Mikroorganisme yang terlibat:
    5. Kecap
      Produk makanan indonesia yang berasal dari proses fermentasi kedelai menggunakan bantuan mikroorganisme yang sama dengan tempe tetapi prosesnya lebih lama.
      Cara  pembuatan kecap :

      Mikroorganisme yang terlibat:
    6. Bir
      Produk minuman berakohol yang dibuat dengan cara fermentasi karbohidrat sehingga menjadi gula sederhana.selanjutnya gula sederhana di fermentasi lagi menjadi karbondioksida dan alcohol.
      Cara Pembuatan  bir:

      Mikroorganisme yang terlibat:
    7. Nata de Coco
      Merupakan minuman yang berasal dari sari buah kelapa. produk ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh,dan sangat mudah untuk membuatnya.
      Cara Pembuatan Nata de Coco:

      Mikroorganisme yang terlibat:
    8. Vaksin
      Merupankan salah satu implementasi bioteknologi konvensional pada bidang medis. vaksin yaitu bibit penyakit yang telah dilemahkan yang nantinya digunakan untuk mencegah serangan penyakit atau sebagai kekebalan.
      Contoh vaksinasi:

      Cara vaksin:
    9. Antibiotik
      Senyawa yang dihasilkan oleh suatu mikro organism untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikrob lainnya. Contoh antibiotic misalnya penicillin yang merupakan antibiotic pertama yang berasal dari  ekstrak  beberapa jamur.Antibiotik yang menghambat sintesis dinding sel bakteri. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Beta-laktam, Penicillin, Polypeptida, Cephalosporin, Ampicillin, Oxasilin.Antibiotik yang menghambat transkripsi dan replikasi. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Quinolone, Rifampicin, Actinomycin D, Nalidixic acid, Lincosamides, Metronidazole.Antibiotik yang menghambat sintesis protein. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Macrolide, Aminoglycoside, Tetracycline, Chloramphenicol, Kanamycin, Oxytetracycline.Antibiotik yang menghambat fungsi membran sel. Contohnya antara lain Ionimycin dan Valinomycin. Ionomycin bekerja dengan meningkatkan kadar kalsium intrasel sehingga mengganggu kesetimbangan osmosis dan menyebabkan kebocoran sel.

      Antibiotik yang menghambat bersifat antimetabolit. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Sulfa atau Sulfonamide, Trimetophrim, Azaserine.

       

  • Bioteknologi modern 
  1. Bidang Pertanian

Kultur Jaringan

Merupakan suatu teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif buatan.teknik tersebut dapat dilakukan dengan cara mengisolasi suatu bagian tertentu dari tanaman kemudian menumbuhkanya pada media buatan tertentu.

Cara Kultur Jaringan:
Contoh tumbuhan hasil kultur:

  1. Bidang Medis

Pemanfaatan bioteknologi modern pada bidang medis banyak sekali contohnya yaitu:

  • Kloning
    Salah satu teknologi yang memberikan beberapa manfaat bagi manusia. teknologi ini memiliki banyak kelebihan.
    Cara Kloning:
  • Hibridoma
    Yaitu teknologi penggabungan dua sel menjadi satu sel sehingga menghasilkan antibody monoclonal yang digunakan dalam bidang medis.
    Cara hibridoma;
  • Produksi  insulin
    Insulin merupakan hormon pengatur gula darah yang bekerja merubah glukosa dalam darah menjadi glikogen. Hormon ini sangat diperlukan bagi pemderita diabetes mellitus (kencing manis).
    Cara produksi insulin:
  • Rekayasa gen
    Cara rekayasa genetika:
    Cara 1:

    Cara 2:
  • Bayi Tabung
    Persiapan mental diwajibkan bagi pasangan lewat konseling yang diberikan oleh pekerja sosial yang disediakan oleh rumah sakit. Intinya kita disuruh bersiap untuk menghadapi keadaan kalau proses bayi tabung berhasil maupun tidak berhasil.

    1. Perkembangan hormon yang terkontrol dimulai sesaat setelah mendapatkan mens, tepatnya pada hari ke dua lewat suntikan yang diberikan setiap hari selama kurang lebih tiga minggu… ya betul 3 minggu! sampai mencapai ukuran telur yang diharapkan.
    2. Tahap pematangan telur melalui injeksi obat hormon satu hari sebelum sel telur yang matang dikeluarkan.
    3. Pengeluaran telur melalui proses operasi kecil, telur diambil sebanyak-banyaknya.
    4. Tahapan proses pembuahan sel telur dengan sperma menjadi embrio, dilakukan oleh embriologist di rumah sakit.
    5. Setelah dua hari pembuahan, embrio yang terbaik dipilih dan dimasukkan kedalam rahim. Kali ini prosesnya mudah, hanya memerlukan wantu sekitar 10 menit.
    6. Agar emrio dalam rahim dapat bertahan & berkembang dengan baik maka saya harus mengalami suntikan hormon setiap hari selama 17 hari. Setelah itu barulah didapatkan kepastian hamil atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s